install server fedora 17 (DHCP, WEBSERVER dan FTP)

Layanan yang akan dibuat diantaranya DHCP, WEBSERVER dan FTP. Sedangkan sistem operasi tempat layanan tersebut berjalan kami menggunakan fedora 17 (Beefy Miracle) dengan ip 192.168.56.1 pada interface vboxnet0. Untuk sisi client kami menggunakan windows xp yang diinstall dalam mesin virtual.

1.      DHCP server

Sebelum menginstall paket dhcp cek keberadaan dhcp sudah terinstall atau belum dengan perintah rpm -qa | grep dhcp. Jika belum jalankan perintah yum -y install dhcp



Dari gambar diatas di dapatkan sudah terinstallnya paket dhcp. Sebelum melakukan langkah selanjutnya setting ip pada interface yang digunakan, disini kami menggunakan ip 192.168.56.1 dengan netmask 255.255.255.0 untuk server dhcpnya. Selanjutnya konfigurasikan dhcp server pada file /etc/dhcp/dhcpd.conf menggunakan text editor kesayangan anda.





Range ip yang diakan diberkan 192.168.56.10 – 192.168.56.10. Selanjutnya lakukan pengaktifan service dan cek status service.



Dari status yang ditampilkan diatas, service dhcpd telah berjalan pada interface vboxnet0 dan subnet pada interface wlan0 belum dideklarasikan, sehingga pada wlan0 service dhcpd tidak berjalan. Selanjutnya lakukan dhcp pada client




1.      Web Server
Lakukan installasi httpd dengan perintah yum -y install httpd




Setelah paket httpd terinstall lakukan konfigurasi pada file  /etc/httpd/conf/httpd.conf. Setting  Server Name pada file tersebut dan baca comment pada file tersebut untuk mengetahui fungsi dari sintaksnya. Setelah melakukan konfigurasi pada http d.conf di dapat dokumen root tempat meletakan source terdapat di /var/www/html/. Buat index.html pada directory tersebut.




Lakukan  pengetesan  webserver pada client



1.      FTP Server
Ftp (File Transfer Protokol) merupakan sebuah protokol internet yang berjalan di dalam lapisan aplikasi yang merupakan standar untuk pengiriman berkas komputer antar mesin mesin dalam sebuah jaringan. Ftp merupakan salah satu protokol internet paling awal dikembangkan dan masih digunakan hingga saat ini untuk melaikan pengunduhan dan penggugahan atau dikernal dengan istilah download dan upload. Berikut merupakan tahap installasi FTP.



Setelah selesai tahap instalasi lakukan konfigurasi pada file /etc/vsftpd/vsftpd.conf.




selanjutnya buat user beserta homenya


setelah selesai masukan user kedalam chroot_list dan buat file test.txt kedalam directory home kemudian restart servicenya.



Lakukan pengetesan pada os client






Komentar

Postingan Populer