Manusia Dan Hakekat Manusia


APA SIH PENGERTIAN HAKIKAT MANUSIA ITU ?
 


KATA PENGANTAR

Puji syukur saya ucapkan atas kehadirat Allah SWT, karena dengan rahmat dan karunia-Nya saya masih diberi kesempatan untuk menyelesaikan makalah ini. Tidak lupa saya ucapkan kepada dosen pembimbing dan teman-teman yang telah memberikan dukungan dalam  menyelesaikan makalah ini.
Saya menyadari bahwa dalam penulisan makalah ini masih banyak kekurangan, oleh sebab itu saya sangat mengharapkan kritik dan saran yang membangun. Dan semoga sengan selesainya makalah ini dapat bermanfaat .


PEMBAHASAN

Hakekat manusia adalah sebagai berikut :
a.                   Makhluk yang memiliki tenga dalam yang dapat menggerakkan hidupnya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhannya.
b.                  Individu yang memiliki sifat rasional yang bertanggung jawab atas tingkah laku intelektual dan sosial.
c.                   yang mampu mengarahkan dirinya ke tujuan yang positif mampu mengatur dan mengontrol dirinya dan mampu menentukan nasibnya.
d.                  Makhluk yang dalam proses menjadi berkembang dan terus berkembang tidak pernah selesai (tuntas) selama hidupnya.
e.                   Individu yang dalam hidupnya selalu melibatkan dirinya dalam usaha untuk mewujudkan dirinya sendiri, membantu orang lain dan membuat dunia lebih baik untuk ditempati
f.                   Suatu keberadaan yang berpotensi yang perwujudanya merupakan ketakterdugaan dengan potensi yang tak terbatas
g.                  Makhluk Tuhan yang berarti ia adalah makhluk yang mengandung kemungkinan baik dan jahat.

h.                  Individu yang sangat dipengaruhi oleh lingkungan turutama lingkungan sosial, bahkan ia tidak bisa berkembang sesuai dengan martabat kemanusaannya tanpa hidup di dalam lingkungan sosial.



Orang yang berkecimpung dalam pendidikan perlu mengkaji tentang hakekat manusia karena:
      - Bahasan tentang hakekat manusia mengantar pengkajinya untuk memiliki hikmah mengenai manusia.
      - Tujuan institusional yaitu melahirkan tenaga kependidikan dalam berbagai posisi.
      - Pandangan calon tenaga kependidikan mengenai konsep manusia menentukan bagaimana ia memperlakukan manusia lain dan ke mana manusia tersebut dibawa.

RUMUSAN MASALAH

Pada hakekatnya manusia merupakan makhluk paling cerdas di bumi ini, karena dilahirkan mempunyai akal dan hati. Sebagai contohnya, peradaban dunia akibat pola piker dan hidup manusia, seperti perkembangan teknologi yg semakin canggih dan pesat. Namun manusiapun mempunyai sifat ketergantungan terhadap lingkungan sekitarnya, inilah yang disebut makhluk social .

KESIMPULAN

Jadi Tidak seorangpun mampu melepaskan diri dari hakekat kodrati manusia, sepanjang jiwa dikandung badan, kemampuan untuk melaksanakan hak dan kewajiban serta sebagai makhluk yang bereksistensi akan terus berjalan berdampingan. Sebagai insan yang mendidik dan dapat dididik sudah seharusnya kita belajar sepanjang hayat , sehingga dinamis berubah sepanjang masa .


Demikian makalah tentang kebudayaan yang saya buat, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua.



Download Link Asli  http://www.4shared.com/file/g2-8lHWa/apa_sih_pengertian_hakikat_man.html?

Komentar

Postingan Populer