E-Government (pengertian dan contoh)
E-Government merupakan kependekan
dari elektronik pemerintah. E-Governtment biasa dikenal e-gov, pemerintah
digital, online pemerintah atau pemerintah transformasi.
E-Government adalah
Suatu upaya untuk mengembangkan penyalenggaraan kepemerintahan yang berbasis
elektronik. Suatu penataan system manajemen dan proses kerja di lingkungan
pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan
komunikasi.
definisi E-Government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.
definisi E-Government adalah penggunaan teknologi informasi oleh pemerintah untuk memberikan informasi dan pelayanan bagi warganya, urusan bisnis, serta hal-hal lain yang berkenaan dengan pemerintahan. e-Government dapat diaplikasikan pada legislatif, yudikatif, atau administrasi publik, untuk meningkatkan efisiensi internal, menyampaikan pelayanan publik, atau proses kepemerintahan yang demokratis.
Contoh E-Government Website
Kota : Medan
Situs :
http://www.pemkomedan.go.id/
Pada halaman beranda terdapat informasi
berupa berita terkini yang disajikan dengan lengkap dan terupdate. Disediakan
pula kolom informasi untuk PEMKO. Pada bagian menu-menu yang terdapat pada
kolom sebelah kiri atas sudah lengkap seluruh link bekerja dengan baik.
Secara umum arah dan agenda pembangunan kota
mengacu kepada visi :
• Jangka Panjang (Visi 2025)
→ Perda Nomor 8 Tahun 2009 : Kota Medan yang maju, sejahtera, religius dan
berwawasan lingkungan (Indikasi : Income perkapita Rp 72 Juta / tahun)
• Jangka Menengah (Visi 2015)
: Kota Medan menjadi Kota Metropolitan yang berdaya saing, nyaman, peduli dan
sejahtera
• Jangka Pendek (Tahun 2011)
: Mendorong pertumbuhan ekonomi daerah yang semakin dinamis dan berkualitas
guna menciptakan kesempatan kerja yang luas, mengurangi kemiskinan,
meningkatkan mutu pelayanan public dan kesejahteraan masyarakat (Indikasi :
Income perkapita menjadi Rp 41,3 Juta dari Rp 36 Juta Tahun 2010)
Misi Pemerintah Kota Medan Tahun 2011
Melaksanakan percepatan dan perluasan
pembangunan kota terutama pada 6 (enam) aspek dasar, yaitu :
1. Pelayanan pendidikan baik
akses, kualitas maupun manajemen pendidikan yagng semakin baik, sehingga dapat
menciptakan lulusan yang unggul.
2. Perbaikan infrastruktur,
utamanya perbaikan jalan kota, jalan lingkungan, taman kota dan drainase serta
penataan pasar tradisional secara simultan.
3. Pelayanan kesehatan, baik
akses, mutu maupun manajemen kesehatan yang semakin baik.
4. Peningkatan pelayanan
administrasi public terutama pelayanan KTP/KK/Akte kelahiran dan perizinan
usaha.
5. Peningkatan Disiplin
Pegawai Negeri Sipil (PNS) untuk meningkatkan kapasitas dan prestasi kerjanya,
sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
6. Menurunkan angka
pengangguran dan kemiskinan. Catatan : Misi ini tidak ringan dan pencapaiannya
akan dipengaruhi faktor eksternal dan internal. Untuk itu, kita harus bekerja
lebih efektif.
Pada menu Info Layanan terdapat informasi
layanan-layanan yang disediakan oleh pemerintah kota dan pama link layanan
tersebut digambarkan pula proses yang harus dilakukan untuk melakukan suatu
layanan tertentu, misalnya untuk layanan masyarakat dalam pembuatan akte
kelahiran. Disitu dijelaskan persyaratan yang harus dipenuhi dan lama waktu
yang dibutuhkan untuk memperoleh akte tersebut. Selain itu juga digambarkan
sepergi gambar dibawah ini :
Daftar Pustaka
Wikipedia. 2012. Pemerintahan Elektronik.
(Online). (Wikipedia.org, diakses 22 Juni 2013)
Indonesia Government. 2013. (Indonesia.go.id,
diakses 22 Juni 2013)
Bermanfaat bget,,
BalasHapusoke sama-sama
Hapus