Web Hosting

Web Hosting adalah salah satu bentuk layanan jasa penyewaan tempat di Internet yang memungkinkan perorangan ataupun organisasi menampilkan layanan jasa atau produknya di web / situs Internet. Tempat dapat juga diartikan sebagai tempat penyimpanan data berupa megabytes (mb) hingga terabytes (tb) yang memiliki koneksi ke internet sehingga data tersebut dapat direquest atau diakses oleh user dari semua tempat secara simultan. Inilah yang menyebabkan sebuah website dapat diakses bersamaan dalam satu waktu oleh multi user.
Pada dasarnya sebuah server webhosting menggunakan adalah sebuah komputer biasa namun menggunakan beberapa komponen dan program dasar sebuah server serta disarankan harus mampu untuk online 24 jam setiap hari dan tanpa harus dimatikan dalam jangka waktu lebih lama daripada komputer biasa.

Hosting adalah penempatan file- file di server online agar dapat diakses melalui internet baik untuk kebutuhan publik (masyarakat umum) maupun untuk keperluan sendiri atau internal perusahaan. Misalkan, jika anda ingin memiliki sebuah website yang dapat
diakses melalui internet, maka terdapat 2 faktor yang harus
dipenuhi, yaitu:

1. Adanya nama domain, yaitu anda harus memiliki domain
(contoh: singcat.com), untuk registrasi domain, silahkan lihat dulu detailnya di http://singcat.com/domain.html

2. Adanya server / space untuk hosting (penempatan file- file anda di server online).

Hosting Singcat Network didukung oleh data center yang mutakhir dan dengan sistem keamanan yang canggih yang mana dapat menjamin server/data anda aman. Server Hosting Singcat Network dilengkapi dengan apache, php, MySql, server,
PostgreSql yang mana menggunakan Linux/Centos sebagai operating systemnya.


Terdapat minimal 2 jenis hosting,

1. Web Hosting &
2. Email Hosting atau yang biasa di sebut Email Server.


Siapa saja yang membutuhkan Web Hosting :
Seperti telah dijelaskan di atas, setiap orang ataupun perusahaan dapat menyewa tempat atau memanfaatkan jasa web hosting ini, didukung dengan kemajuan teknologi informasi yang ada saat ini maka pemanfaatan jasa web hosting merupakan sarana alternatif yang handal untuk: Promosi, Menyebarkan Informasi, Berjualan, Layanan Publik sampai dengan sekedar tempat untuk menumpahkan isi hati yang kelabu ke dalam buku harian berbasis web (blog: web log) akibat ditinggal kekasih.
Mengapa Perlu Web Hosting :
Kecepatan menyebarkan informasi tentang Jasa, Produk, Layanan Publik dan lainnya merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan bisnis perorangan atau perusahaan,
Contoh Pertama : di Indonesia dengan sekitar 100 juta pengguna telepon genggam yang tentu saja dapat tersambung ke internet melalui gprs, tidak ada alasan lagi untuk tidak tersambung ke dunia maya, bahkan di daerah terpencil sekalipun.
Contoh kedua: Seorang mahasiswa kedokteran, dengan dana yang terbatas, untuk mengantisipasi membeli buku kuliah kedokteran yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah, dapat dengan mudah memperoleh informasi ilmu pengetahuan dan teknologi melalui situs web, dan ini menjadi tanggung jawab penyelenggara pendidikan untuk menyediakan layanan web site guna memajukan pendidikan. Bahkan seorang dosen sebaiknya memiliki web site.
Singkatnya, bila anda telah membuat prototip disain yang dapat dibaca oleh internet browser seperti html, maka sudah waktunya anda menaruh disain itu di internet dengan mengupload disain anda ke perusahaan yang melayani penjualan hosting.
Kapan anda membutuhkan Situs Web :
Disaat anda ingin memasarkan produk atau jasa melewati batas kabupaten, propinsi, negara, samudra dan benua, disaat anda ingin orang lain memperoleh informasi yang benar mengenai hal-hal kemanusiaan, disaat anda ingin menyebarluaskan pengetahuan demi kesejahteraan sesama manusia, disaat anda ingin melakukan transaksi bisnis yang memudahkan pelangan anda menjangkaunya dari sebuah vila tempat peristirahatan dengan privasi yang tinggi, disaat itulah anda membutuhkan layanan web hosting.
Situs web adalah sebuah channel above the line yang termurah yang ada di pasar saat ini, kemampuan broadcast 24jam seminggu, tak terbatas pada aspek demografis, geografis, menjadikannya positif dalam rasio cost to benefit. Bila anda ingin ditemukan, dikenal, diapresiasi, mengiklankan diri/produk anda, berarti anda wajib memiliki situs web.
Dimana menyewa Web Hosting :
Ratusan bahkan ribuan penyelenggara jasa web hosting, ada dapat memulainya dengan mencari dari mesin pencari google atau yahoo, beberapa penyedia jasa layanan web hosting di indonesia.
Jangan ragu untuk bertanya, bandingkan fitur kunci seperti kapasitas ruang dan kapasitas bandwidth, jangan tergiur oleh promosi penyelenggara jasa web hosting yang bombastis.
Teknologi apa yang digunakan :
Salah satu teknologi yang digunakan adalah fail over hosting, teknologi ini memungkinkan layanan anda tetap online 24 jam karena dudukung oleh beberapa server komputer yang secara otomatis akan menggantikan tugas server komputer yang mengalami kerusakan
Bagaimana cara Mengelola Web Hosting :
Setelah anda memiliki / menggunakan jasa layanan web hosting, selanjutnya bagaimana mengelolanya, hal ini merupakan tantangan yang tidak murah, sebab informasi yang ada harus selalu ditambah dan diperbaharui. Sebuah Tips sederhana yaitu, lakukan persiapan pada posisi Off Line untuk menghemat. Selamat mencoba.
Bagaimana cara membuat server webhosting :
Beberapa software dasar yang harus dimiliki untuk membuat server hosting sendiri (recommended):
Operating System Server
- Linux, CentOS, FreeBSD, RedHat, Ubuntu (gratis)
- Windows 2003 Server, Windows 2008 Server (bayar)
NameServer – berfungsi untuk resolving IP ke Domain Name
- BIND 9 (gratis)
Web Server
- Apache (gratis) – berfungsi sebagai Web Server berbasis Linux
- IIS versi 4.0, atau IIS versi 5.0 (gratis) – berfungsi sebagai Web Servr berbasis Windows
PHP (gratis) – berfungsi untuk website yang menggunakan bahasa pemograman PHP
Databases – berfungsi sebagai pusat penyimpanan data pada server atau Server Data Center
- MySQL (gratis) – berfungsi sebagai Databases pada server berbasis Linux/Unix
- MSSQL (bayar) – berfungsi sebagai Database pada Operating System server berbasis Windows
PHPMyAdmin – berfungsi untuk memudahkan add, edit, dan delete table pada MySQL
FTP Server – berfungsi untuk memudahkan transfer data ke website menggunakan FTP.
- ProFTPD (gratis)
- Pure-FTPD (gratis)
- vsFTPD (gratis
Mail Server – berfungsi untuk mengelola email pada server.
- QMail (gratis)
- Postfix (gratis)
- Squirrelmail (gratis)
- RoundCube (gratis) jika ingin support WebMail.


Apa itu hosting dan domain???

Suatu saat anda mencari data tentang hosting dan domain. Anda mungkin akan segera membuka google dengan mengetikan keyword “hosting domain ialah”, “hosting domain adalah”, “hosting domain yaitu”, dan sebagainya. Bila iya, maka anda tidak perlu repot-repot mencarinya digoogle. Datang saja kesini. Dengan alasan itulah blog ini ada. Artikel ini akan membahas sedikit tentang istilah-istilah tersebut.

Jadi apa itu hosting? Apa pula itu domain?

Hosting

Hosting adalah suatu space atau tempat di internet yang kita gunakan untuk menyimpan data-data situs kita. Entah itu situs perusahaan, situs pribadi, situs blog, dan lain sebagainya. Setiap situs yang hendak kita buat online sehingga banyak orang bisa mengaksesnya, harus disimpan pada suatu host. Kini banyak tersedia host-host yang ditawarkan yang ada di internet. Mulai yang berbayar, sampai yang gratis sekalipun. Yang gratis biasanya nama domain yang kita dapatkan hanyalah subdomain dari situs induk dimana kita mendaftar disitus tersebut. Contoh situs yang gratis adalah www.cjb.net www.000webhost.com www.ripway.com dan masih banyak lagi.

Mungkin anda bertanya, bila ada hosting yang gratis, mengapa harus pakai yang berbayar? Ini pertanyaan yang menarik dan situasional menurut penulis. Domain berbayar menawarkan anda fitur-fitur yang tentu saja lebih lengkap dibanding yang gratis. Contohnya tersedianya fitur-fitur seperti: fitur FTP, fitur webmail, fitur mysql, bebas iklan yang tidak kehendaki, dan yang lain sebagainya.

Situasional? Mengapa saya tulis demikian? Karena bila anda dalam keadaan darurat, atau kemampuan finansial anda sedang down, tidak ada salahnya menggunakan hosting gratis. Toh yang terpenting itu nama domain situs anda. Orang-orang akan mengingat domain anda tersebut jikalau memang menarik.

Sedangkan hosting gratis banyak batasannya. Kita tidak bisa menentukan space yang akan kita gunakan, sering adanya iklan-iklan yang tidak kita kehendaki, aksesnya yang lambat, dan lain sebagainya.

Domain

Domain adalah nama situs anda yang unik di dunia internet. Unik disini berarti nama situs anda hanya andalah pemiliknya di internet. Contohnya google.com. Apakah ada situs lain selain google yang namanya sama? Tentu saja tidak ada. Nama google di internet hanya satu. Tidak seperti nama manusia, bisa jadi nama wita ada banyak orang yang menggunakannya bukan. Tentu saja.

Jadi domain adalah identitas anda diInternet. Kartu elektronis anda diinternet. Peluang bisnis anda diinternet.

Sedikit tentang teori domain. Sebenarnya, domain itu sendiri adalah alat pengingat untuk mempermudah manusia dalam mengakses komputer diinternet. Dalam dunia jaringan komputer, dikenal dengan nomor ip. Nah sebenarnya itulah kode yang digunakan komputer untuk mengakses suatu situs. Contoh nomor ip diinternet adalah 202.134.1.155. Itu hanya baru satu situs. Bayangkan bila anda bekerja pada beberapa situs yang berbeda. Tentu akan susah mengingat angka-angka tersebut bukan. Maka dari itulah dibuat fasilitas domain. Bila diumpamakan lagi, domain itu bagaikan buku telepon pada sebuah handphone. Orang-orang tentu lebih mengingat nama dibandingkan nomor telepon bila hendak ingin menghubungi seseorang bukan.

Memilih webhosting dan domain yang bagus

Banyak situs-situs webhost (penyedia jasa hosting) yang menyediakan hosting dan domain dengan harga yang beraneka ragam. Kebanyakan harga-harga yang ditawarkan tidak lagi semahal waktu yang dulu. Metode pembayarannya pun beragam. Mau dibayar perbulan, pertahun, dsb.

Penulis mempunyai rekomendasi bagi anda yang hendak membuat situs online di internet, webhosting apa yang bagus untuk situs anda. Rekomendasi penulis adalah www.dijaminmurah.com. Bukan hanya karena blog ini merupakan afiliasi terhadap web tersebut maka penulis merekomendasikannya :D lebih dari itu, www.dijaminmurah.com merupakan webhost yang banyak menguntungkan para penggunanya. Coba saja anda buka situs nya. Disana anda akan terkejut melihat harga yang ditawarkannya. Anda bisa melihat hosting yang letaknya di Indonesia yang berukuran 500 MB saja dihargainya sebesar Rp. 22.500 perbulan. Apabila anda hendak memilih yang pertahun, maka anda akan hemat 35%. Yaitu anda cukup membayar sebesar Rp.240.000. Bayangkan bila anda memilih webhosting yang lain yang rata-rata perbulan berkisar antar Rp.50.000 perbulan untuk 100 MB hosting saja. Bila hitungannya pertahun, anda bisa hitung sendiri. Disamping itu, proses nya pun relatif singkat. Penulis pernah membuat hosting untuk salah satu klien penulis. Sesaat dia transfer uang kepada admin www.dijaminmurah.com kira-kira beberapa menit kemudian hosting dan domain pun sudah aktif.

Untuk hosting dengan space sebesar 500 MB dan Bandwidth sebesar 30 GB, penulis cukup membayar Rp.240 pertahun. Untuk domain .com penulis membayar RP.67.500 pertahun. Aktivasi gratis. Total pengurusan selama 1 Tahun adalah Rp. 307.500. apalagi bila anda menggunakan server diluar Indonesia, biayanya akan lebih murah dari harga tersebut. Tapi koneksi agak sedikit dibawah server indonesia karena alasan jarak. Tapi dengan harga yang lebih terjangkau yang ditawarkan akan tetap menguntungkan anda. Karena itulah penulis merekomendasikan situs ini.

Untuk domain, pilihlah domain yang sesuai dengan situs anda. Bila situs anda merupakan organisasi, maka pakailah domain .org. Bila situs anda merupakan universitas di Indonesia, pakailah domain .ac.id. Bila situs anda bergerak dibidang bisnis, pakailah domain .com. Tapi semua itu kembali kepada anda. Terserah anda mau pakai yang mana anda suka. Tidak menutup kemungkinan bila situs anda merupakan situs organisasi, anda memakain domain .com sebagi domain anda, atau sebaliknya. Tidak ada yang melarang


Mengenal fitur-fitur layanan hosting.

Setelah Anda membeli nama domain (nama website), website Anda belum bisa dilihat di Internet. Anda harus terlebih dahulu membuat akun di web host kemudian mengunggah atau upload file website Anda pada web host tersebut. Web host adalah sebutan untuk perusahaan atau website yang menyediakan jasa penyimpanan file website (web hosting service) pada sebuah server publik yang selalu terhubung ke Internet. Ada banyak perusahaan yang menyediakan jasa web hosting dan biasanya sekaligus menawarkan pendaftaran atau registrasi domain.

Setiap web host menawarkan berbagai paket layanan hosting dengan harga yang berbeda-beda yang mana hal ini perlu Anda pertimbangkan sesuai dengan kebutuhan Anda. Namun, ada juga web host yang juga menawarkan paket web hosting gratis tentu saja dengan fitur yang terbatas. Untuk membuat keputusan, Anda harus mengerti fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh web host. Berikut ini adalah beberapa fitur dasar layanan hosting:
Kapasitas Hard Disk (Disk Space)
Perhatikan berapa jumlah kapasitas hard disk yang diberikan web host atau provider kepada Anda untuk menyimpan file-file website Anda. Tentu saja Anda harus mendapatkan kapasitas hard disk melebihi total ukuran file website Anda, namun tidak perlu terlalu berlebihan, sesuaikan juga dengan anggaran yang Anda miliki.

Bandwidth
Jumlah bandwidth menentukan jumlah data yang bisa ditransfer ke pengunjung ketika mereka melihat website Anda. Semakin besar bandwidth membuat website bisa dilihat oleh semakin banyak orang, jenis file yang bisa ditransfer pun lebih besar seperti video dan audio, dan kecepatan transfer juga lebih cepat. Apabila suatu website begitu populer namun bandwidth yang diberikan terbatas maka lama kelamaan pengunjung akan merasakan waktu untuk membuka halaman website ataupun men-download menjadi semakin lama dan pada suatu waktu website tersebut tidak bisa diakses lagi. Oleh karena itu, pemilik website harus meningkatkan jumlah bandwidth dan tentu saja ada biayanya. Sebagai pemula, Anda bisa memilih paket yang ditawarkan web host dengan bandwidth yang kecil saja. Apabila pengunjung website Anda semakin banyak, segeralah beli paket dengan bandwidth yang lebih besar.

Subdomain
Subdomain adalah nama lain dari Third-Level Domain, letaknya di sebelah kiri nama website. Penulisannya seperti berikut subdomain.domain.ext, di mana domain.ext merupakan domain utama atau nama website utama. Subdomain merupakan bagian dari website, biasanya digunakan untuk mengklasifikasikan layanan yang ditawarkan. Sebagai contoh layanan email dan bookmark dari yahoo.com memiliki alamat website yang berbeda namun tetap merupakan bagian dari yahoo.com, yaitu mail.yahoo.com dan bookmark.yahoo.com. Tujuan lain penggunaan subdomain adalah untuk memisahkan beban web server utama ke server yang lain. Sebagai contoh, bila yahoo.com menggunakan server A maka mail.yahoo.com menggunakan server B, dan bookmark.yahoo.com menggunakan server C. Subdomain sering diberikan web host kepada pelanggannya yang ingin memiliki domain (website) gratis.

Parked Domain
Anda dapat mengarahkan satu atau lebih domain (website) ke domain (website) utama Anda, sehingga semua domain (website) tersebut memiliki isi yang sama. Sebagai contoh, Anda sudah memiliki akun di web host untuk nama domain (website) belajar-web-hosting.com sebagai domain utama. Anda bisa membeli lagi nama domain (website) yang mirip, seperti belajar-web-hosting.net dan belajar-web-hosting.biz, kemudian memarkirnya atau mengarahkannya ke domain (website) utama Anda sehingga pengunjung akan melihat isi website yang sama seperti ketika mereka mengunjungi belajar-web-hosting.com. Hal ini berguna untuk menghindari orang lain memakai nama website yang mirip dengan nama website Anda.

Add-on Domain
Add-on domain merupakan domain (website) yang terpisah dari domain (website) utama, namun mengarah pada subdomain atau subfolder dari domain (website) utama. Keuntungan memiliki add-on domain adalah Anda bisa memiliki beberapa domain (website) namun cukup menggunakan satu web host. Dengan demikian Anda bisa menghemat uang karena hanya membayar satu web host. Sebagai contoh Anda memiliki domain (website) dengan nama belajar-web-hosting.com yang ditulis dalam bahasa Indonesia dan subdomain english.belajar-web-hosting.com yang isinya ditulis dalam bahasa Inggris. Untuk menjangkau pengunjung di luar Indonesia, Anda membuat lagi sebuah website berbahasa Inggris dengan nama learn-web-hosting.com. Anda bisa mengarahkan domain (website) learn-web-hosting.com ke english.belajar-web-hosting.com. Dengan demikian isi dari dari learn-web-hosting.com sama dengan english.belajar-web-hosting.com, namun pengunjung tidak akan mengetahui bahwa sebetulnya learn-web-hosting.com mengarah atau isinya sama dengan subdomain english.belajar-web-hosting.com.

File Transfer Protocol (FTP)
File Transfer Protocol (FTP) merupakan sebuah aplikasi yang digunakan untuk mengirim atau meng-upload file website dari hard disk Anda ke server web host.

Akun Email POP3
Jumlah alamat email maupun kapasitas setiap email yang Anda dapat tergantung dari masing-masing web host dan paket hosting yang Anda ambil. Anda harus menampilkan alamat email di website Anda agar pengunjung bisa menghubungi Anda sebagai pemilik atau pengelola website. Alamat email yang diberikan memiliki akhiran sesuai nama domain atau nama website Anda.

Catch All Email Address
Dari sekian banyak pengunjung yang mengirim Anda email, ada kemungkinan beberapa dari mereka salah dalam mengetikkan alamat email yang dituju namun alamat domainnya betul. Misalnya: nama domain (website) Anda adalah belajar-web-hosting.com dan alamat email yang Anda sediakan bagi pengunjung untuk bertanya kepada Anda adalah tanya@belajar-web-hosting.com. Namun ada orang yang mengetik tamya@belajar-web-hosting.com. Agar Anda tetap dapat menerima email yang ditujukan ke tamya@belajar-web-hosting.com, walaupun alamat email ini tidak pernah Anda buat, gunakanlah fitur Catch All Email Address. Fitur ini berfungsi untuk menangkap semua email yang dikirim ke domain milik Anda, baik alamat email yang sudah Anda buat maupun yang tidak Anda buat, dan meneruskannya ke alamat email yang Anda tentukan.

Email Forwarding
Apabila Anda memiliki banyak alamat email dan tidak mau mengecek masing-masing kotak masuk (inbox) email secara terpisah, maka Anda bisa menggunakan fitur Email Forwarding untuk meneruskan semua email yang datang ke alamat email yang Anda tentukan.

Email Autoresponder
Autoresponder merupakan email yang memiliki dua fungsi. Pertama, setiap pengunjung yang mengirim email ke alamat email autoresponder akan menerima jawaban yang dikirim secara otomatis. Kedua, pesan yang diterima email autoresponder akan diteruskan ke alamat email tertentu.

Bahasa Pemograman Web
Pada website ini, saya cuma mengenalkan bahasa HTML untuk membuat website. Kekurangan dari bahasa HTML adalah halaman website yang dibuat dengan HTML bersifat statis, tidak bisa berubah-ubah. Sebagai contoh, iklan yang ada di sebelah kanan halaman ini selalu berubah setiap kali Anda berkunjung atau me-refresh atau me-reload halaman website ini. Hal ini bisa dilakukan karena saya menggunakan bahasa pemrograman web yang disebut PHP. Selain PHP, ada banyak bahasa program yang dipakai dalam pembuatan website seperti ASP, JSP, JavaScript, CSS, XML, MySQL. Apabila Anda menggunakan bahasa pemograman web tertentu, maka Anda harus memperhatikan apakah web host mendukung bahasa pemograman web tersebut.

Counter
Counter merupakan aplikasi yang dipakai untuk menghitung jumlah pengunjung.

Form to Email
Form to Email merupakan sebuah formulir yang dapat diisi oleh pengunjung untuk bertanya, menyampaikan keluhan, ataupun meminta informasi kepada pengelola website. Apa yang ditulis oleh pengunjung akan dikirim ke alamat website yang telah ditentukan.

Buku Tamu (Guest Book)
Anda bisa menaruh buku tamu di website Anda jika Anda ingin mengetahui siapa yang mengunjungi website Anda, serta komentar-komentar mereka mengenai website Anda.

Statistik Website
Melalui fitur ini, Anda bisa melihat berapa banyak orang yang mengunjungi website Anda, halaman apa yang mereka lihat, kapan mereka datang, dan lain-lain. Fitur ini sangat penting untuk membantu Anda melakukan analisa untuk memperbaiki ataupun mengembangkan website Anda.

Jaminan Akses (Uptime Guarantee)
Fitur ini sangat penting sekali, jangan sampai website Anda sering sekali tidak bisa dibuka karena masalah teknis disisi web host. Misalnya server milik web host kepanasan sehingga harus dimatikan, namun server cadangan membutuhkan waktu 30 menit untuk diaktifkan. Carilah web host yang memberikan jaminan akses di atas 99%. Hal ini penting sekali bagi mesin pencari dan para pengunjung website Anda. Jika spider mesin pencari mengunjungi website Anda ketika website Anda sedang tidak bisa dibuka, maka besar kemungkinan mesin pencari akan mengeluarkan website Anda dari index-nya.

CPanel
CPanel merupakan panel kontrol berbasis web yang digunakan untuk mengelola domain. Sebagian besar fitur-fitur yang dijelaskan di atas dikelola melalui CPanel.
Sebagai pemula, Anda tidak perlu langsung membeli paket hosting. Anda bisa mencoba menggunakan paket web hosting gratis terlebih dahulu hingga saatnya nanti Anda memang harus membeli paket hosting agar bisa menggunakan fitur-fitur layanan hosting secara lebih maksimal. Salah satu website yang menyediakan paket web hosting gratis adalah 000webhost.com.


Seperti disebutkan di atas, ada dua hal yang harus Anda lakukan terlebih dahulu agar website Anda bisa dilihat di Internet, yaitu:
Membuat akun di web host.
Menyimpan (upload) file website di web host.
Disini Anda bisa mempelajari langkah-langkahnya secara detil. Kita mulai dengan membuat akun di web host. Web host yang dipakai sebagai contoh adalah 000webhost.com.

referensi :
- http://id.wikipedia.org/wiki/Webhosting
- http://singcat.com/web-hosting.html

file asli : http://www.4shared.com/file/HnQl2hlk/WEBHOSTING.html?

Komentar

Postingan Populer